Selasa, 04 Desember 2012

Jamran & Pesta Siaga ke 1 kwaran Taliabu


TALIABU-Kwartir ranting (kwaran) Pulau Taliabu selama 5 hari mulai tangal 30 Januari hingga 3 Februari akan menggelar kegiatan jambore Ranting (Jamran) dan Siaga di lapangan Ratahaya, Desa Bobong. Kegiatan melibatkan Dewan kerja ranting (DKR) diikuti ratusan siswa perwakilan 72 peserta dari siaga, 27 Penggalang dan 14 Penegak se kecamatan Pulau Taliabu.
Panitia penyelenggara Mansuh Mudo sekaligus anggota andalan kwaran Pulau Taliabu mengatakan, ada 2260 gugus depan yang siap untuk menyukseskan jambore dan pesta siaga ini. dan ini merupakan pertama kali di pulau taliabu, setelah Kakak Nasrun Achun Nurdin ditunjukan Kwarcab Kabupaten Kepulauan Sula sebagai Ketu Kwarran Pulau Taliabu.
Dengan kehadiran Ketua Kwarran yang ternyata mempunyai latar belakang Pramuka di Manado (sulawesi Utara). Alhamdullilah perjalan kegiatan berjalan seperti halnya kegiatan di daerah lain. bahkan. register Gudep untuk pulau taliabu telah dirampungkan."Ini merupakan  langkah awal untuk membangun komitemen dalam persaudaran gerakan ini,"katanya.
Dan untuk jamran dan Pesta siaga ini akan diperlombakan berbagai kegiatan diantaranya Upacara, perkemahan, keagamaan, PBB, Outbond, Morse maupun Semaphore.”Tarkam pramuka akan menominasi semua lomba, karena kwarran telah melakukan berbagai kegiatan diberbagai desa,”akunya.
Sekjen DPP Garuda Maluku Utara ini menyebutkan tujuan jambore adalah untuk menanamkan jiwa patriotisme pada anak, cinta tanah air, disiplin, cinta lingkungan dan kerjasama antar teman yang menjadi tantangan siswa agar kedepan menjadi kader anak yang bisa mandiri sesuai harapan pendahulu negara .
Sementara itu salah satu Gudep yang akan menjadi peserta jambore mengatakan, dari kegiatan jambore ini banyak hikmah dan ilmu yang didapat diantara dilatih Morse, semaphore, Yel-yel regu, PBB maupun kegiatan lainnya, tentunya manfaatnya sangat dirasakan, bisa mendapatkan pengalaman bahkan prestasi. (esha)

1 komentar:

  1. assalamu alaikum....... blognya bagus, follow yah blog saya di http://sidharly.blogspot.com/

    salam

    BalasHapus