Selasa, 04 Desember 2012

Kwarcab Tidak Harus Membuat Program Terlalu Berat

 SANANA--Wakil Bupati Kep Sula selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kep Sula, Hi. Safi Pauwah, mengungkapkan para pengurus dan pembina gerakan pramuka diminta menyusun berbagai program kegiatan yang muaranya pembinaan generasi muda.
Pernyataan itu disampaikannya kepada wartwan koran ini, bahwa seharusnya para Pembina dapat menyusun program kerja disesuaikan dengan program kerja dari andalan Kwarcab, agar supaya mempunyai kegiatan yang berkesinambungan di tahun 2012. "Apa yang kita lakukan semata-mata untuk membuat suatu rencana kerja terkait dengan pembinaan generasi muda (gugus depan) dengan harapan generasi muda kita sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka sehingga betul-betul akan menjadi insan berbudi pekerti luhur dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)" tuturnya.

Dijelaskan pula tidak ada lagi berbicara di luar NKRI, hal tersebut harus betul-betul dipegang teguh oleh seluruh keluarga besar gerakan pramuka dan lebih khususnya bagi generasi muda. Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kep Sula berharap bahwa kegiatan yang nanti disusun tentunya tidak menyusun program kegiatan yang sekiranya tidak dapat dilaksanakan. "Kita tidak perlu terlalu berat membuat program yang pada akhirnya program itu tidak dapat dilaksanakan" ujarnya seraya menambahkan.
Sementara itu, Sekertaris Kwarcab Kep Sula Jufri Syahruddin, mengingatkan kepada para Mabigus (kepala Sekolah, red) di tiap gugus depan untuk tidak memantau kegiatan kepramukaan ini. Karena salah satu pilar dari pendidikan berkarakter yang dicanangkan Bupati AHM, kegiatan pramuka juga sangat berperan. Hingga itu, anggaran dalam kegiatan ini telah diplot dalam setiap sekolah untuk mengaktifkan kegiatan kepramukaan.”Selain pendidikan Agama, diharapkan dalam kegiatan kepramukaan pendidikan karakter itu dilaksanakan,”katanya.
Namun, katika disentil mengenai Undang-undang nomor 12 Tahun 2010, dirinya mengaku bahwa segala bentuk  produk hukum, terkait dengan pramuka akan disosialisasikan pada 2012 ini, karena masih banyak kegiatan dan aturan yang harus disampaikan terutama tentang system pengurusan dan pembentukan gugus depan di setiap sekolah masing-masing.”Untuk saat ini kita masih akan konsentrasi diberbagai kegiatan terutama Jamnas, Temu Pembina, Pramuka Peduli dan sebagainya,”cetusnya.
Hingga itu, dirinya mengharapkan langkah strategis untuk penyusunan kerangka kebijakan, perencanaan, pembinaan dan pembangunan gerakan pramuka di tingkat Kwartir Cabang Kep Sula. Selain itu juga penyusunan program kerja bermaksud mengkomunikasikan serta menyelaraskan program antar Kwarcab dan Saka serta Gugus Depan, hal tersebut bertujuan mengoptimalkan peran dan fungsi kwartir dalam rangka penguatan organisasi dan keanggotaan gerakan pramuka sesuai dengan harapan undang-undang untuk mewujudkan revitalisasi gerakan pramuka. (din)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar