Jumat, 21 Desember 2012

Pramuka Masuk Kurikulum 2013, Kwarcab Kep Sula Minta Perbaikan Gudep


SANANA, GP - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hi Safi Pauwah, SH yang juga Ketua Kwarcab Kabupaten Kepulauan, mengatakan Pramuka ternyata telah dimasukan dalam kurikulum pendidikan. Ketua Kwarcab yakin pendidikan Pramuka dapat menekan tingkat kenakalan kalangan siswa karena Pramuka mengajarkan nilai-nilai dan karakter."Diharapkan pada tahun ajaran baru 2013 nanti pendidikan Pramuka sudah menjadi pelajaran wajib di sekolah-sekolah," katanya.

Pendidikan pramuka, kata Wakil Bupati, telah terbukti dapat dijadikan sebagai landasan pembangunan karakter sekaligus pilar penting dalam pendidikan nasional. karena majunya suatu negara ditentukan oleh baiknya karakter anak bangsanya.”Dengan pendidikan karakter yang ada maka singkron dengan aktifitas kegiatan pramuka,”cetusnya.
Menurutnya, Pramuka adalah satu-satunya organisasi yang mendidik karakter anggotanya. "Saya menilai Pramuka itu harus masuk kurikulum. Entah itu dalam bentuk intrakulikuler maupun ekstrakulikuler karena pendidikan Pramuka mendidik karakter," jelasnya.
Hingga itu, dirinya menegaskan pendidikan pramuka adalah pendidikan nilai-nilai (tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma) yang disampaikan dng metoda kepramukaan (permainan dialam terbuka yang menantang dan menyenangkan) yang dilaksanakan oleh gugus depan yang dapat didirikan di sekolah (school based) atau di komunitas (community based) Jika pendidikan keperamukaan diselenggarakan oleh  gugus depan yang berada di sekolah, maka pendidikan tersebut  bersifat  ekstrakurikuler  dengan kepesertaan  bersifat  sukarela.
Jika pendidikan kepramukaan telah dimasukan dalam kurikulum yang bersifat wajib, kata Safi, maka yang dapat dilakukan hanyalah memasukan nilai-nilai kepramukaan serta menerapkan  metoda kepramukaan secara terintegrasi deng an sistem pendidikan formal yang telah ada. Namun upaya awal adalah memperbaiki gugus depan perlu difokuskan sehingga dapat menarik kalangan remaja secara sukarela. Pada saat ini upaya perbaikan tersebut sedang dilaksanakan melalui program revitalisasi yang telah dicanangkan oleh presiden RI sejak tahun 2006. (esha) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar